Masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam

Posted on 18. Dec, 2012 by in Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, Artikel, MP3

Masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
3.7 (74.83%) 58 votes

Alhamdulillah di dua artikel sebelumnya kita telah membahas peristiwa yang terjadi sebelum kelahiran Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, yaitu tentang penggalian kembali Zamzam, akan disembelihnya ayah Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dan peristiwa saat hari ketika kelahiran. Pada kajian hari ini kita akan membahas kisah Masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

MP3 Player Kajian

[ti_audio media=”38″ autoresume=”1″]

Masa-kecil-Muhammad-Shallallahu-Alaihi-wa-Sallam
Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam (صلى الله عليه و سلم) lahir pada hari Senin, semua sepakat dengan hari  dilahirkannya karena memang ada dalil kuat bahwa lahirnya hari Senin. Sedangkan tanggal tepatnya masih diperselisihkan karena pada saat itu Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam (صلى الله عليه و سلم) masih bayi dan belum diangkat sebagai Rasul. Sehingga orang-orang tidak terlalu menaruh perhatian terhadap kapan dilahirkannya. Di rekaman kajian MP3 player diatas akan dibahas tentang perbedaan tanggal, kenapa terjadi perbedaan dan bagaimana kita seharusnya bersikap. Dibahas juga pentingnya mencontoh para sahabat dan bagaimana seharusnya wujud cinta kita kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam (صلى الله عليه و سلم).

Sebelum lahir, Abdullah ayah Nabi صلى الله عليه و سلم sudah wafat. Ketika melahirkan Muhammad  صلى الله عليه و سلم, Aminah melihat cahaya yang menerangi negeri Syam yang saat itu dikuasai oleh orang-orang nasrani. Di kajian ini disebutkan hadits-hadits dhoif berkaitan dengan kelahiran Muhammad صلى الله عليه و سلم, dikisahkan juga wanita-wanita yang menyusui Muhammad صلى الله عليه و سلم. Apakah memang abu lahab di ringankan siksanya karena gembira dengan membebaskan budak ketika Muhammad صلى الله عليه و سلم lahir? Silahkan disimak pembahasannya didalam MP3 Player diatas.

Masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam Ditengah Bani Sa’d

Sebagian masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah berada ditengah Bani Sa’d. Peristiwa-peristiwa diluar kebiasaan dialami oleh Halimah As-Sa’diyah yaitu salah seorang wanita yang menyusui Muhammad.  Onta yang sebelumnya tidak mengeluarkan air susu, tetapi sekarang bisa diperah. Keledai  yang dinaiki  Halimah As-Sa’diyah menjadi kuat dan bisa berjalan cepat, kambing-kambing milik Halimah As-Sa’diyah ketika pulang setelah digembalakan selalu siap diperah, sedangkan kambing orang-orang lain tidak seperti milik Halimah As-Sa’diyah. Selain itu ada peristiwa lain dan keberkahan karena adanya Muhammad صلى الله عليه و سلم, yang dialami oleh Halimah As-Sa’diyah, silahkan disimak kisah lengkapnya di rekaman kajian diatas.

Pada usia sekitar 4 tahun Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam (صلى الله عليه و سلم) mengalami pembelahan dada, jantung dikeluarkan segumpulan darah yang merupakan bagian syaitan, mencuci jantung dan dikembalikan lagi. Hal ini dilakukan oleh malaikat. Kisah ini ada didalam Hadits shahih, silahkan disimak di rekaman kajian untuk lebih tepatnya kisahnya. Setelah kejadian pembelahan, Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam (صلى الله عليه و سلم) dikembalikan ke ibundanya.

Kembali ke Pangkuan Ibunda Aminah

Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam ketika berusia sekitar 6 tahun, diajak ibundanya ke Madinah/Yastrib disertai pembantu wanitanya, Ummu Aiman. Tujuan ke Madinah/Yastrib adalah untuk menziarahi makam ayah Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Setelah menetap satu bulan di  Madinah/Yastrib, Aminah dan rombongannya siap-siap kembali ke Makkah. Dalam perjalanan itu Aminah sakit dan akhirnya meninggal dunia di Abwa’, yaitu daerah antara Makkah dan Madinah. Ibunda Aminah sakit parah dan meninggal dunia di daerah bernama Abwa’. Demikianlah Masa kecil Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, ketik berumur sekitar 6 tahun sudah tidak memiliki ayah dan ibu.

, , , , , , ,

kisah nabi muhammad semasa kecil∞masa kecil nabi muhammad∞

Leave a Reply